Rabu, Agustus 12, 2009

estavet tunas kelapa ke 30 jateng


SRAGEN - Upacara pemberangkatan pasukan Estafet Tunas Kelapa Kwarcab 11-14 Kabupaten Sragen berlangsung di halaman kantor Setda Sragen, Selasa (11/7). Kegiatan tersebut diikuti ratusan anggota Pramuka yang tergabung dalam puluhan Gugus Depan (Gudep). Selain para anggota Pramuka dan pembina, kegiatan tersebut dihadiri perwakilan dinas/instansi, Camat serta Kwaran se-Kabupaten Sragen.

Pemberangkatan dilakukan oleh Ketua Majelis Pembimbing Cabang (Mabicab) Sragen, Kak Untung Wiyono didampingi oleh Yuri dari Kwarda Jawa Tengah. Tema pada Estafet Tunas Kelapa ke-30 ini adalah “Pramuka Perekat Bangsa”. Sedangkan pemberangkatan pasukan Estafet Tunas Kelapa tersebut ditandai dengan penyalaan obor, penyerahan tunas kelapa dan pengibaran bendera start oleh Kak Untung Wiyono.

Dalam pesan dan kesan Pembina upacara, Kak Untung Wiyono menyampaikan bahwa Pramuka adalah wadah Nation Character Building. Melalui gerakan Pramuka dikembangkan Komunikasi, Informasi, Koordinasidan Inovasi. Hal ini juga untuk semua pihak menuju Indonesia yang jaya sejajar dengan bangsa-bangsa lain yang maju.

Ketua Majelis Pembimbing Daerah (Mabida) Kwartir 11 Jawa Tengah, Bibit Waluyo, dalam pesa-pesan yang dibacakan oleh Kak Untung Wiyono menyampaikan, anggota Pramuka melaksanakan Estafet Tunas kelapa ini dengan penuh keikhlasan, tanggung jawab dan disiplin, sebagai sarana melatih dan memperkuat fisik maupun mental untuk menumbuhkan kecintaan kepada Tanah Air Indonesia. Dalam perjalanan Estafet Tunas Kelapa, jaga semangat, ceria, kesehatan, kekompakan dan ketertiban, serta tingkatkan kepedulian sosial kepada masyarakat. “Kembangkan komunikasi dengan masyarakat untuk memperkokoh persatuan dan kesatuan, cinta tanah air dalam menegakkan Negara Kesatuan Republik Indonesia”, pesan Bibit.

Rute perjalanan pasukan Estafet Tunas Kelapa ini akan melewati Kecamatan Sidoharjo, Tanon, Gemolong dan sekitar pukul 16,30 akan dilakukan timbangterima di Dukuh Senggrong, Miri. Di Kecamatan Miri, yakni perbatasan Kabupaten Sragen dan Kabupaten Boyolali ini akan dilakukan pemberangkatan dan Timbang Terima oleh Kapolres Sragen selaku anggota Mabicab. Sedangkan Estafet Tunas Kelapa tingkat Kwartir 11 Jawa Tengah akan berakhir di Kabupaten Ambarawa tanggal 14 Agustus. Di tempat tersebut akan diselenggarakan kegiatan HUT Pramuka se-Jawa Tenga

Tidak ada komentar: